Kisah Dias Ketika Magang Di Perusahaan STAR SHARE

Siapa yang tidak mengenal perusahaan IT yang berasal dari Semarang ini !?. Perusahaan PT. Berbagi Bintang Teknologi, yang kerap disebut dengan STAR SHARE membuka pendaftaran magang secara remote (online) yang bisa diikuti oleh semua siswa dan mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia.

Semenjak bulan Maret 2020, ketika mereka melakukan pengembangan sistem pendidikan magang nya, lonjakan peserta naik sebesar 1200% dari tahun sebelum nya.

Salah satu peserta yang mengikuti program magang di perusahaan ini adalah Dias. Dia adalah salah mahasiswa dari Universitas terkemuka di Jogjakarta, yang mulai mengikuti magang pada bulan Februari 2020. Durasi magang yang Dias ambil adalah 4 bulan.

Ketika kami temui di tempat kost nya yang ada di kota Jogjakarta, Dias mengaku sangat senang sekali karena mendapat banyak sekali ilmu dan skill, yang sama sekali tidak bisa dia dapatkan bahkan dari kampus nya sendiri.

“Wah, banyak sekali, dan hampir tidak kepikiran ada ilmu- ilmu semacam itu (yang dia dapatkan dari perusahaan STAR SHARE)”. Seraya memegang teh kemasan ketika kami wawancarai.

“Kalau di kampus, diajari tentang programing dasar, dan pelajaran dasar saja. Dosen nya pun gak terlalu peduli, murid nya bisa atau enggak. Kalau disana enggak gitu. Diajari sampai bisa”. Sambil menggelengkan kepala nya beberapa kali, karena masih terasa hebat nya program pembelajaran di perusahaan tersebut.

Mahasiswa jurusan IT semester 6 ini mengaku kesulitan mencari tempat magang. Sudah lebih dari 10 kali mengirimkan resume, tapi ditolak karena masih terjadi pandemi. Tapi, ketika pertama kali mendaftar magang di STAR SHARE, dia langsung diterima.

Sebelum nya dia tidak percaya langsung diterima. Karena dalam beberapa menit, dia langsung mendapatkan surat keterangan diterima magang ke alamat email nya. “Ya, kurang percaya yah. Karena seakan miracle banget. Sudah 10X ngirim resume ke beragam perusahaan, bahkan ke perusahaan pembuatan kerajinan tangan (yang tidak ada hubungan nya dengan jurusan yang dia masuki di kampus), ini dalam hitungan menit langsung diterima”.

Dalam pendaftaran nya, dia mengaku memang perlu membayar biaya administrasi. “Ketika itu, biaya pendaftaran nya sih cuman 20.000 saja. Ya gak masalah, saya bayar langsung. Uang segitu doank kok”.

Ketika kami melakukan pengecekan, tampak nya biaya pendaftaran ini sudah berubah menjadi 50.000. Dias pun menanggapi hal ini “Jangankan 50.000 mbak, 500 ribu pun akan saya bayar. Ini kan magang remote. Dikerjakan di rumah”.

Dia kemudian membandingkan dengan biaya apabila dia magang biasa. “Coba bandingin ama magang biasa. Uang bensin ke tempat magang sehari 10.000. Kalau saya magang 4 bulan, atau anggap aja 120 hari, biaya bensin nya udah 1,2 juta sendiri. Belum lagi kena macet, belum lagi waktu yang harus dihabiskan buat ke kantor”.

Tidak hanya itu, Dias pun mendapatkan insentif sebesar 1,6 juta dan keuntungan sebesar lebih dari 5 juta rupiah dari afiliasi yang dia jalankan. “Gak main- main lah, ini saya dapat insentif 1,6 dan 5 juta lebih. Enggak miracle apa coba. Dapat skill, ilmu, insentif dan uang kalau ditotal hampir 7 juta”.

“Saya gak ngarep uang sama sekali lah ketika mendaftar kesana. Tujuan saya cuman satu, yaitu agar saya bisa menyelesaikan SKS magang tahun ini, dan lulus kuliah secepat nya. Tapi malahan, eh dapat segini banyak nya. Sampai sekarang pun, saya masih dapat pemasukan dari program afiliasi magang tersebut”. Begitu ucapan nya sambil memperlihatkan halaman earning afiliasi yang telah dia dapatkan selama ini.

Memang salah satu fitur unik yang dimiliki dalam program magang di perusahaan STAR SHARE adalah afiliasi layanan. Dimana peserta magang bisa mendapatkan pemasukan dari program afiliasi tersebut. Penjelasan tentang hal ini kami jelaskan secara terpisah di lain.

Ini sedikit cerita dari salah satu peserta yang mengikuti program magang di PT. Berbagi Bintang Teknologi. Insentif dan earning yang didapatkan mungkin bisa sangat besar sekali. Namun, tidak seharusnya hal tersebut dijadikan alasan utama untuk magang. Karena magang adalah tentang mencari ilmu dan mempraktekan apa yang sudah dipelajari selama di sekolah atau perkuliahan.

Apakah kalian juga memiliki pengalaman magang di perusahaan STAR SHARE?. Bila ada, bagikan pengalaman kalian di kolom komentar.

Leave a Reply